Wednesday 23 March 2011

Dawet ireng khas butuh Purworejo

      Waktu itu gw abis dari manggarai sama temen gw, rencananya sih mau balik lagi ke kampus yang ada di daerah kalimalang. Tapi berhubung haus gw mau nyari minuman yang seger - seger, pas lewat di kalimalang (kalo ga salah abis pasar sumber arta) gw liat grobak tukang es dawet. Dengan semangat yang menggebu - gebu gw sama temen gw langsung berenti. Tapi ada yang aneh di gerobaknya tertulis "DAWET IRENG khas BUTUH JEM-BUT PURWOREJO". Gw sama temen gw tertawa kecil melihatnya apa lagi setelah di pesan ternyata dawetnya berwarna hitam tidak seperti dawet biasanya yang berwarna hijau, pikiran kami pun tertuju kepada tulisan yang ada di gerobak sambil melihat dawet yang berwarna hitam maka kami pun tertawa. 

     Selidik punya selidik pas gw tanya abang jualannya ternyata JEM-BUT itu singkatan dari Jembatan Butuh yang ada di daerah Purworejo dimana minuman ini berasal. Dan kata abangnya lagi warna hitam di dawet dihasilkan bukan dari pewarna tetapi dibuat dari daun padi kering  yang dibakar hingga menjadi abu, terus abu dicampur dengan air dan menghasilkan warna hitam. Sedangkan dawetnya dibuat dari tepung sagu bukan dari tepung beras seperti dawet hijau dan pemanis menggunakan gula aren dan juga menggunakan santan. 

     Kalo menurut gw rasanya bener - bener enak soalnya dawetnya lebih kenyal trus manis .. pokoknya segeer ama ueeeenakk'e pooooll lahh hahahahahaha. pokoknya Hidup es dawet ireng khas Jem-But Purworejo!! hahahaha

 

1 comment: