Monday 11 April 2011

Gambas


Mungkin pertama kali kita mendengar Gambas terasa aneh di telinga kita, kalo saya sih yang terlintas dipikiran ketika mendengar kata Gambas yaitu sebuah alat musik petik yang berasal dari timur tengah ..hehehehe. GAMBAS atau Gambas Almost Means BASic adalah visual basic ala linux jadi bagi yang sering berkutat dengan Visual Basic tentu tidak akan asing lagi dengan Gambas. Tujuan para developer membuatnya adalah untuk menggantikan peran Ms Visual Basic, yang lebih dahulu merambah dunia, untuk platform linux.
Adalah Benoit Minisini, seorang pria Perancis yang tinggal di daerah sekitar kota Paris dan lahir pada tahun 1973 ini, yang pertama kali membuat Gambas, sebagai sebuah proyek hobby.
Benoit Minisini yang telah menggemari dunia pemrograman sejak berusia 12 tahun ini, telah banyak menghasilkan bahasa, compiler, assembler maupun interpreter. Benoit Minisini telah bekerja sejak 1997, memulai karir programmingnya dengan bahasa BASIC pada mesin Amstrad 464, dan kemudian beralih pada Atari 520 STE. Lalu selama menjalani pendidikan di E.P.I.T.A., ia menulis interpreter Lisp untuk Windows 3.1. Selama enam bulan bermain dengan Windows, Benoit Minisini menemukan begitu banyak bugs pada sistem operasi tersebut. Hal tersebut, dan juga kecintaannya pada bahasa BASIC, mendorongnya untuk membuat Gambas pada platform Linux.
Namun, meskipun memiliki kemiripan dalam hal tampilan dan bahasa yang digunakan, Gambas sama sekali bukan clone dari Visual Basic. Dalam situsnya, Gambas, yang merupakan singkatan rekursif dari kata Gambas Almost Mean BASic, bahkan dikatakan bahwa Gambas tidak akan pernah menjadi kompatibel dengan Visual Basic. Dan meski berharap bahwa suatu saat Gambas akan bisa menjadi sebuah cross-patform application, namun Benoit Minisini mengatakan bahwa ia sendiri tak akan mem-porting Gambas pada platform Windows, meskipun ia akan bersedia membantu bagi orang lain yang bersedia untuk melakukan itu.
Dalam hal databasing, Gambas mendukung bahasa-bahasa query yang tidak asing lagi MySql, PostgreSQL dan Sqlite. Sehingga tidak perlu khawatir dalam merancang database. Jadi kalo menurut saya ya terserah selera masing – masing mau pake gambas atau vb hehehehe.... sekian dulu yak..wassalam.
Diambil dari  http://www.eras.web.id/tag/gambas/ dan berbagai sumber.

No comments:

Post a Comment